5 Langkah Mulai Membaca

diaryofawimpykid
Diary of a Wimpy Kid,
seri buku favorit saya
Hello, all. Buat kamu yang masih sulit membangun mood untuk mulai membaca, boleh dicoba nih 5 tips ala Ricky supaya tidak lagi menjadi sebuah beban, tetapi menjadi kegiatan yang dirindukan jika tidak dikerjakan. Bagaimanakah?

1. Mulailah dengan topik yang kamu suka
Hal apapun jika terkait dengan sesuatu yang kamu sukai maka kamu akan rela melakukannya. Kalau kamu nge-fans berat sama suatu boyband Korea, maka kamu akan bela-belain untuk membaca buku tentang profil masing-masing personil, bukan? Tidak akan ada yang dapat menghalangi kamu untuk melakukan hal yang kamu suka, termasuk membaca suatu topik yang kamu suka.

2. Mulailah dari bacaan yang sedikit
Jika buku yang dibaca adalah buku yang tebal, akan ada kecemasan yang muncul pada saat mulai membaca, seperti "ah, tebel banget, ya.. kelar ga ya nih bacanya sampe abis?". Daripada memaksakan untuk membaca 1 buku tebal, akan lebih baik jika buku yang dibaca adalah yang tipis-tipis saja terlebih dahulu, untuk menjadi awal pembentukan kebiasaan membaca. Pepatah juga bilang bahwa sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Jika sudah terbiasa menghabiskan waktu untuk membaca bacaan yang sedikit, maka membaca buku yang tebal tidak akan terasa lagi.

3. Konsisten
Segala sesuatu yang dilakukan secara konsisten akan menimbulkan kebiasaan sehingga membaca yang pada awalnya merupakan hal yang berat untuk dilakukan, akan berubah menjadi suatu kebiasaan yang akan terasa aneh jika tidak dilakukan. Walau hanya 1 lembar setiap hari, jika dibaca setiap hari maka tanpa terasa akan segera habis juga kan 1 buku?

4. Temukan partner membaca
Manusia sebagai makhluk sosial tentu saja cenderung untuk bersosialisasi, termasuk keinginan untuk berbagi mengenai buku yang sedang dia baca. Akan sangat menarik jika kamu menemukan partner yang sama-sama menyukai bacaan kamu sehingga kalian dapat saling melontarkan hal-hal menarik yang kalian temukan dalam buku tersebut.

5. Buatlah ringkasan
Pasangan dari membaca adalah menulis (atau setidaknya begitu dari versi saya). Dengan membuat sebuah ringkasan (atau sinopsis) mengenai garis besar dari cerita yang baru saja kamu baca, kamu akan mengasah kemampuan pengolahan kata dan informasi agar dapat dituangkan kembali menjadi sebuah tulisan yang menggunakan gaya bahasamu sendiri. Itung-itung jadi quick review juga di suatu saat nanti daripada harus mengulang bacaan lagi dari awal, bukan?

6. Berilah award untuk dirimu sendiri
Pasanglah sebuah target untuk menyelesaikan suatu buku, kemudian berilah penghargaan jika kamu berhasil mencapainya. Dengan begitu kamu akan termotivasi untuk konsisten membaca agar dapat segera menyelesaikan bacaanmu dan segera mendapatkan award yang sudah kamu tetapkan di awal.

Bagaimanapun, kalau kamu tidak mulai membaca artikel ini, maka kamu belum akan mulai rajin membaca (engga deng, bisa aja kamu memang sudah rajin membaca). Yuk lah mulai membaca sedari sekarang, kalau tidak sekarang, mau kapan lagi?

Happy weekend :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley