Keutamaan Sholat Subuh

Biasanya, timbul rasa malas dalam diri kita apabila kita ingin melaksanakan sholat subuh. Selain karena waktunya yang cukup pagi, kita juga masih enak tidur. Memang, melaksanakan sholat subuh dan cukup berat, tetapi balasannya sangat besar dari Allah SWT. Sebuah hadis mengatakan bahwa jika kita senantiasa melaksanakan sholat subuh dan ashar, niscaya kita akan mendekatkan diri kepada surga dan terjauhkan dari panasnya api neraka. Mengapa? Karena malaikat Malaikat saling bergantian dalam mengawasi kita pada waktu malam, dan di waktu siang. Mereka berkumpul pada waktu shalat Shubuh dan shalat Ashar. Kemudian ketika malaikat yang berjaga malam bergantian dengan malaikat yang satunya, Allah bertanya kepada mereka tentang hamba-hamba-Nya, “Bagaimana keadaan hamba-hamba-Ku ketika kalian tinggalkan? Maka para malaikat menjawab, “Kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan ketika kami datang mereka pun juga sedang dalam keadaan shalat.”
Tanpa kita sadari, sesungguhnya sholat subuh itu membuat jiwa penuh dengan kebahagiaan serta menjadikan berat timbangan amal kebaikan. Alangkah lebih baik lagi apabila kita tidak kembali tidur seusai melaksanakan solat subuh. Hal ini disebabkan karena Allah SWT membagi rizki-Nya pada waktu setelah Shubuh ini.
Sesungguhnya nikmatnya tidur pada waktu Shubuh yang hanya sekian menit tidaklah sebanding dengan kengerian di kubur, atau kengerian jurang-jurang di neraka. Kala itu seseorang hanya mampu menggigit jari menyesal untuk selama-lamanya seraya mengatakan, “Wahai Rabb kembalikan aku ke dunia, aku akan melakukan amal shalih yang dulu aku tinggalkan.” Na’udzubillahhi min dzalik
Oleh karena itu, janganlah kita meninggalakan solat subuh karena solat subuh dapat memberikan banyak manfaat bagi kita khususnya mendekatkan kita akan surge Allah SWT. Banyak hal yang dapat kita lakukan agar kita bisa bangun pada waktu subuh. Yang pertama menggunakan weker untuk membangunkan kita agar tidak terlambat dalam menjalankan shalat Shubuh. Lalu, tidur lebih awal, agar dapat bangun lebih awal pula, dan usahakan melakukan pekerjaan atau aktivitas setelah selesai shalat Shubuh. Yang terakhir, memiliki perasaan sangat bersalah dan berdosa ketika kita ketinggalan shalat dan berusaha sekuat tenaga untuk tidak mengulangi kesalahan itu.


Sumber:
http://jamaatulhuda.wordpress.com/2008/01/08/keutamaan-sholat-shubuh-dan-qabliyah-shubuh/

Komentar

  1. kayaknya tulisan ana lebih lengkap. Silahkan kunjungi di http://attaubah.com/keutamaan-sholat-shubuh-berjamaah.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley