Solat, yuk!

Beberapa waktu yang lalu saya pernah mendapat titip pesan dari kakek dan nenek saya mengenai sebuah hal yang paling fundamental dalam hidup manusia, yaitu solat. Memang hal ini terdengar sangat sederhana, terutama buat umat muslim yang sudah semestinya melaksanakan solat sebagai kewajiban, dan terdengar cukup membosankan karena semua orang terus menerus mengingatkan kita untuk melaksanakan kegiatan yang satu ini. Namun ternyata, kita banyak luput dalam melaksanakan solat. Permasalahan utama tentu saja rasa malas yang berasal dari godaan setan tuh. Selalu ada saja usaha setan untuk menjauhi kita dari Allah SWT.

Perlu diperhatikan nih beberapa hal mengenai solat agar kita semakin dapat menyempurnakan diri kita. Hal pertama yang perlu kita tanamkan pada otak kita adalah menjadikan solat sebagai kebutuhan, seperti layaknya kita makan. Pasti kita pengen makan yang seenak mungkin kan? Tapi makanan yang enak tidak datang dari langit; tidak turun dengan sendirinya. Maka makanan itu harus terlebih dahulu disiapkan dengan baik dan matang agar tercipta makanan lezat yang siap dinikmati.

Dalam pelaksanaan solat, beberapa hal yang menyedapkan masakan itu adalah:
1. Berwudhu
Tentu kita tidak mau punya makanan tetapi makanannya jorok habis jatuh dari lantai atau baru habis dibeli di pasar yang jorok. Kita pasti ingin makanan yang bersih dan higienis sehingga layak makan. Berwudhu boleh dibilang sebagai kegiatan membersihkan diri. Berwudhu adalah salah satu hal yang paling penting karena jika salah dalam berwudhu, maka solat kita tidak akan diterima oleh yang maha kuasa. Berwudhu adalah harus benar-benar, tidak hanya sekedar basah. Jikalau kita mengetahui, orang-orang yang suka berwudhu nantinya wajahnya akan bercahaya di akhirat nanti. Tubuhnya pun akan terlindung dari panasnya padang mahsyar kelak.

2. Tempat
Makanan enaknya sudah jadi, namun tidak ada wadah untuk makan. Sedikit tidak lucu kalau harus makan langsung dari panci ataupun penggorengannya. Maka perlu adanya tempat sebagai wadah untuk makanan itu sendiri. Sama seperti solat yang butuh tempat, tentunya bersih agar terhindar dari najis. Sebisa mungkin di belakang dinding agar orang lain tidak bisa lewat di depan kita. Namun juga di balik dinding tersebut jangan kita pasang poster-poster pemain bola favorit kita. Tidak fokus nantinya.

3. Makan dulu
Bukan berarti menunda solat, melainkan makanlah jauh-jauh dari sebelum waktu solat sehingga bisa dengan tenang solat pada waktunya. Kita harus makan dulu agar makanan tersebut tidak terngiang di pikiran kita selagi kita solat. Lagi-lagi, nanti kita tidak fokus. Bukannya memikirkan Allah melainkan memikirkan makanan. Tidak benar itu.

4. Tenang
Santai saja solatnya, jangan terburu-buru, kita tidak sedang dikejar penjahat. Kalo makan terlalu terburu-buru,  perut bisa sakit, dan bahkan kita bisa muntah lagi. Jatuhnya mubazir dong. Kalau dihitung-hitung misalnya kita solat hanya 5 menit, dikali lima dalam sehari, maka kita hanya perlu waktu kurang lebih setengah jam dalam sehari untuk menghadap-Nya. Sesusah itu ya padahal kita telah diberikan karunia yang luar biasa berupa waktu yang 24 jam sehari ini.

5. Niat
Solat pun harus niat karena niat adalah awal dari seluruh kegiatan berlangsung. Tanpa niat, makan pun bisa jadi tidak jadi. Maka solatpun harus dimulai dengan niat untuk benar-benar mengerjakan pekerjaan ini terus.

5. Takbir
Allahuakbar! Allah Mahabesar. Takbir merupakan syarat sah solat dalam islam. Kita harus mengakui bahwa Allah jauh, jauh lebih besar dibanding kita yang hanya setitik. Selalu standby aja.

6. Pahami yg dibaca.
Jikalau memungkinkan, coba sekali-sekali kamu coba membaca buku tentang tata cara solat yang baik. Secara perlahan mencoba menghafal teori dari praktik yang dlakukan langsung. Semakin kita paham pergerakan lawan, mereka akan semakin grogi. Semakin kita paham dengan kombinasi telur, maka akan terbuat telur super enak berdasarkan opini orang banyak. Semakin kita paham bacaan solat, maka akan semakin dekat kita dengan Yang Mahakuasa.
Perlu diingat sekali lagi, solat adalah kebutuhan. Kita tidak akan berhenti solat sebelum kita akan disolatkan nantinya, atau dengan kata lain ketika kita meninggal. Jadi, sudahkah Anda solat 5 waktu hari ini? :) --SalamSukses
Rapi hdp yg kuasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley