Pentingnya Kotak Darurat

Akhir-akhir ini sering kita mendengar surat kabar bercerita tentang sekumpulan bencana yang mampir melewati negeri kita. Sebut saja banjir Jakarta, siaga Gunung Sinabung, maupun Gempa Kebumen. Bencana merupakan sebuah hal yang dihindari oleh setiap manusia. Belum lagi kedatangan bencana juga tidak menutup kemungkinan diiringi dengan hilangnya harta benda yang kita miliki, dan bahkan sampai harus merenggut nyawa orang-orang tersayang yang berada di tempat kejadian bencana tersebut. 

Bencana merupakan sesuatu yang datangnya tiba-tiba walaupun beberapa diantaranya sudah menunjukkan tanda seperti berlebihnya kapasitas air dalam bendungan yang menyebabkan banjir menerjang, ataupun asap gunung api sebagai tanda bahwa akan terjadi erupsi. Tak jarang korban gagal menyelamatkan diri akibat dari tidak mempersiapkan “kotak darurat” yang seharusnya sengaja disediakan jika bencana menerjang. Oleh karena persiapan yang kurang, kondisi tenang yang harusnya bisa menghindarkan kita dari bencana menjadi tidak dapat terkendali karena terlalu panik.


Kotak  darurat tersebut sebenarnya sederhana, yakni berisi makanan, pakaian, obat-obatan, dan beberapa barang penting lainnya, namun terkadang hal ini kurang terlalu diperhatikan. Padahal, barang-barang yang sudah disiapkan itu dapat menghindarkan kita dari maut karena perbedaan satu milisekon saja amat berarti dalam menyelamatkan diri dari bencana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley