Setetes Darah Kehidupan

Setiap harinya terjadi kematian yang disebabkan oleh kekurangan pasokan darah. Walau tanpa disertai data yang valid, kasus seperti ini adalah hal yang benar terjadi melihat fakta bahwa dalam sebagian besar tubuh manusia terkandung darah baik dalam bentuk sel maupun plasma. Tidak mengherankan pula jika banyak terjadi kecelakaan berdarah mengingat transportasi yang melimpah di Indonesia dan faktor human error yang dapat menyebabkan tragedi fatal. Belum lagi adanya penyakit anemia pada beberapa individu dan juga kebutuhan darah pascakelahiran.

Darah menjadi kebutuhan vital manusia. Namun darah tidak ada dengan sendirinya. Pada manusia sehat yang terluka gores, darah yang keluar dapat dengan mudah digantikan dengan suplai darah yang terdapat di dalam tubuh. Hal tersebut tidak berlaku jika darah hilang dalam jumlah yang besar karena dalam seketika tubuh akan menjadi lemas dan tidak ada cukup kekuatan untuk menggantikan darah yang hilang. Oleh karena itu, dibutuhkan sejumlah darah yang disuplai dari luar dalam volume yang besar yang didapatkan dari mereka yang rajin berdonor darah. Dengan golongan darah yang sesuai, maka kebutuhan darah yang kurang dapat terpenuhi, dan nyawa pun terselamatkan.

Donor darah member manfaat yang luar biasa bagi pendonor, dan tentu saja bagi para akseptor darah tersebut. Selain pahala kebaikan yang didapatkan, donor darah baik untuk tubuh karena secara tidak langsung terjadi “siklus cuci darah kecil”. Darah yang lalma dikeluarkan dalam jumlah yang tepat dan digantikan oleh darah baru yang disuplai dari dalam tubuh. Bagi mereka yang juga ingin menikah, jika calonnya rajin berdonor darah, maka dapat dipastikan bahwa mereka tidak terjangkit virus HIV, sifilis maupun penyakit darah lainnya. Belum lagi hadiah indomie yang diberikan setelah kita mendonor yang amat lezat. Keuntungan besar dalam upaya yang kecil.

Donor darah tidaklah sulit. Tinggal apakah kita berniat melakukannya atau tidak. Hanya dibutuhkan tak lebih dari 15 menit untuk memberikan suatu kemuliaan kecil yang semoga menjadi berkah baik bagi donor maupun akseptor.


--SalamSukses

Komentar

  1. Tetap teruskan kebiasaan yang mulia ini, ajak juga teman2 untuk berpartisipasi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley