Target 2015

Lagi-lagi tidak terasa kalau kita akan segera meninggalkan 2014. Gue ingin sekedar intropeksi aja tentang banyak kegiatan yang udah gue lakukan di 2014. Dari semua hal tersebut, apakah gue telah melakukan hal yang baik? Mungkin baik atau tidaknya seseorang bukan dinilai oleh orang itu sendiri, melainkan orang lain. Tapi tidak ada salahnya untuk memasang target untuk dicapai setiap tahunnya. Gue merasa adanya daftar tentang "hal yang harus gue lakukan di 2015" merupakan motivasi sendiri untuk membuat gue fokus untuk memperbaiki diri. Bagi gue, tidak adanya target membuat apa yang ingin kita capai menjadi abu-abu. Boleh, lah, dianalogikan dengan suatu organisasi atau perusahaan; jika tidak ada target, maka tidak ada yang akan tercapai.

Coba intip deh target gue di 2014

Gambar 1. Target 2014

Sejujurnya daftar ini membuat gue mencoba untuk selalu melakukan hal ini setiap hari (walaupun kenyataannya tidak selalu berhasil). Gue rasa tanpa daftar ini, gue akan semakin tak terarah (setidaknya itu yang gue pikir). Soalnya gue malu setiap baca, tapi tidak melakukannya. Pada akhirnya hanya 4 poin teratas yang (gue anggap) berhasil gue lakukan.

Setelah melewati satu tahun, gue baru berpikir bahwa sepertinya ada yang salah dengan daftar ini. Kalo gue lihat, ternyata poin-poin yang gue tuliskan tidak seluruhnya kongkrit. Masih "kualitatif" sehingga output keberhasilan dari poin tersebut tidak dapat diukur secara spesifik. Lalu gue mencoba untuk kembali mendaftar target 2015. Baru rancang bangun, namun kira-kira seperti ini:

Gambar 2. Rancang bangun target 2015

Gue rasa lebih kuantitatif, lebih jelas, dan bisa dibuat parameter keberhasilannya. Hanya saja, target-target ini baru target yang bersifat rutinitas, belum ditambah dengan "hal besar" yang ingin dicapai di tahun depan. Semoga arahan yang jelas akan menghasilkan hasil yang jelas. Semoga 2015 akan membuat gue menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Yuk, bikin target 2015! :D



Komentar

  1. Dibanding goals tahun 2014, goals kali ini menurut ku sudah sedikit banyak mengacu ke s.m.a.r.t , bisa dipakai untuk menentukan goal2 yang lain , pada masa kuliahan ataupun dimasa kerja kelak.

    Berikut internet link untuk melengkapi cara2 bikin goal
    http://topachievement.com/smart.html

    Thanks & keep posting

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley