Berbagi Pengalaman

"Semakin berisi semakin berunduk". Begitu katanya ilmu padi. Filosofi ini sering diibaratkan untuk menunjukan sifat manusia yang mempunyai ilmu yang banyak namun tetap rendah hati. Ia tidak sombong dengan kepintarannya, malah beberapa di antaranya tidak segan untuk berbagi. Bagi gue, berbagi pengalaman merupakan sebuah hal yang menyenangkan. Ketika lu berbagi, ilmu lu tidak akan berkurang, bahkan akan bertambah. Ketika kita berbagi, mungkin saja lawan bicara kita memiliki opini lain yang dapat menguatkan ilmu yang baru saja kita ceritakan tadi. Mungkin saja cerita lu dapat menginspirasi seseorang untuk menghasilkan inovasi yang dapat mengubah dunia menjadi lebih baik. Mungkin saja cerita lu menjadi cerita yang menjadi motivasi kehidupan seseorang. Tidak ada yang tahu.

Bukan harus gue atau lu saja yang berbagi, melainkan juga mendengarkan orang lain berbagi pengalaman. Ketika mereka berbagi, gue sangat tertarik untuk mendengarkannya, tentang apapun itu. Gue merasa setiap cerita memiliki nilainya sendiri, dan tidak ada ruginya untuk mengetahuinya, sekalipun itu tidak penting. Mungkin saja suatu saat cerita tersebut akan bermanfaat. Mungkin saja suatu saat cerita tersebut menghindarkan gue dari maut. Mungkin saja cerita tersebut menjadi sebuah awal kesuksesan gue di masa mendatang. Tidak ada yang tahu.

Ketika kita berbagi pengalaman, kita akan memberi kebaikan. Ketika kita memberi kebaikan, kita akan memberi kebermanfaatan. Suatu hal besar akan dimulai dari hal kecil. Kebermanfaatan akan dimulai dari berbagi pengalaman. Semoga gue dapat selalu rendah hati dalam berbagi pengalaman gue, dan mendengarkan pengalaman orang lain yang tentu saja lebih luar biasa :)

P.S. Jangan pelit-pelit bagi ilmu ;)




Komentar

  1. Supaya lebih menarik dibaca mungkin dimasukan juga pengalaman pribadi kamu yang berkaitan dengan bagi2 ilmu ini. thanks and keep posting

    BalasHapus
  2. wah iya juga ya, trims untuk sarannya :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley