Menjaga Citra

Ada beberapa momen dimana citra seseorang merupakan hal yang paling utama. Jujur saja, ketika citra lu baik, maka ada poin plus dari lu yang akan dilihat orang. Misalnya jika ingin mencari kerja, maka citra yang baik dapat membuatnya diterima di pekerjaan tersebut. Misalnya pula dalam kehidupan sosial, citra yang baik akan bermanfaat untuk memberi kesan positif kepada masyarakat. Sama halnya dengan suatu barang yang ingin dipasarkan semestinya mempunyai citra yang baik agar dapat memiliki nilai jual tinggi dan mendapat kepercayaan dari masyarakat. Maka tidak heran jika kita sering mendengar istilah "pencitraan" dimana seseorang melakukan X walaupun sebenarnya ia memiliki sifat Y semata-mata untuk mendapatkan citra yang baik.

Menurut KBBI, citra memiliki definisi: 1 rupa; gambar; gambaran; 2 gambaran yg dimiliki orang banyak mengenai pribadi, perusahaan, organisasi, atau produk; 3 kesan mental atau bayangan visual yg ditimbulkan oleh sebuah kata, frasa, atau kalimat, dan merupakan unsur dasar yg khas dl karya prosa dan puisi; 4 data atau informasi dr potret udara untuk bahan evaluasi. Dari definisi di atas, gue merasa citra menjadi hal yang signifikan untuk menggambarkan seseorang, dapat dilihat dari definisi nomor 2. Jika kita ambil contoh sebuah produk makanan, tentu kita akan lebih memilih produk dengan kemasan yang baik dan menarik, bukan?

Menurut gue, citra dapat dibangun dari sikap yang lu lakukan. Ketika lu biasa berbuat baik, maka akan timbul citra yang baik. Jika lu biasa menjahili orang lain, maka akan timbul citra bahwa lu merupakan seseorang yang jail, dan lain sebagainya. Sayangnya, citra merupakan sesuatu yang sensitif. Sebanyak apapun lu berbuat baik, ketika kita melakukan suatu hal yang buruk walau satu kali, citra tersebut dapat melekat selama-lamanya, bahkan menghilangkan citra baik yang sudah lu bangun sejak lama. Satu citra buruk dapat merusak kepercayaan.

Cobalah membangun citra yang baik dalam diri kita. Memang tidak mudah, banyak godaannya. Bahkan gue pun tidak tahu bagaimana citra gue di mata orang lain, baik teman-teman gue, keluarga gue, ataupun orang lain. Gue hanya percaya ketika gue senantiasa berbuat baik, maka citra gue akan terjaga baik, dan semoga kebaikan itu dapat menjadi bekal untuk menjalani kehidupan yang baik. Menjaga citra, membangun masa depan :) *kayak bikin slogan aja hehe*

P.S. Kalau lotion Citra bagus untuk menjaga kulit tetap lembut, putih, dan bersih *eh, nge-iklan*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley