Dua Bahasa

Gambar 1 Belajar Jerman
Gue merasa belajar bahasa selain bahasa negara dan bahasa inggris menjadi sebuah hal yang perlu dilakukan. Oke, lah, bahasa negara ya harus tahu untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar. Begitupun bahasa inggris sebagai bahasa global. Walaupun begitu adanya "bahasa ketiga" menjadi sebuah poin lebih untuk dilakukan

Fungsi bahasa ketiga dapat dilihat dari sisi akademis terutama bagi mereka yang ingin bersekolah di luar negeri. Tentu saja untuk dapat berkomunikasi dengan sekitarnya, perlu untuk mempelajari bahasa di daerah tersebut. Begitupun dalam melakukan kerja di luar negeri, atau sekadar ingin punya "bahasa rahasia" dengan si dia yang tidak semua orang tahu *ups, salah fokus*. Hanya saja terkadang kita tidak memiliki waktu dan materi yang cukup untuk mempelajarinya. Namun, dengan kemajuan teknologi, kita bahkan dapat melakukan belajar bahasa secara mobile dengan menggunakan handphone, tab, ataupun laptop. Bagaimana?

Jadi, baru-baru ini gue menemukan sebuah aplikasi belajar bahasa bernama Duolingo. Walaupun gue tidak tahu judul apikasi ini menggunakan  bahasa apa, namun dari prediksi gue, duo artinya dua, dan lingo artinya language atau bahasa. Secara harafiah, aplikasi ini berarti "dua bahasa". Tentu sudah dapat ditebak apa fungsi dari aplikasi ini. Benar sekali, belajar dua bahasa!

Bagi gue, aplikasi ini menyedikan bahan yang luar biasa. Tersedia beragam bahasa mulai dari spanyol, itali, jerman (yang lagi gue ambil), prancis, dan bahkan Indonesia. Kebanyakan bahsa tetrsebut disandingkan dengan bahasa inggris, walaupun ada juga yang lintas dua bahasa selian inggris. Senangnya lagi, aplikasi ini free of charge alias tidak dipungut biaya apapun. Lu bisa dengan mudahnya belajar bahasa, secara gratis, dengan memanfaatkan maksimal hanya sekitar 30 menit setiap harinya. Lu juga bisa mengaktifkan fitur definisi per kata sehingga tidak perlu takut bagi yang baru pertama kali belajar. Aplikasi ini akan membawa dari tahap yang benar-benar dasar, hingga ke tingkat master. Tentu bagi yang sudah handal, bisa langsung mengikuti placement test untuk ditempatkan pada tingkat yang sesuai.

Bisa dilihat pada gambar  di atas, gue sedang belajar bahasa jerman. Kira-kira tampilannya seperti itu. Ada catatan "streak" harian lu jika lu rutin melakukan latihan. Dalam satu kali latihan, kita hanya memiliki tiga nyawa sehingga jika kita salah lebih dari tiga kali, kita harus mengulang latihan dengan materi tersebut. Cukup adail mengingat bahwa berarti kita memang belum menguasai materi tersebut. Sebuah tantangan tersendiri untuk mencapai rekor pribadi. Lu juga bisa mengajak teman lu untuk ikut dan saling beradu level. Buktikan kamu bisa belajar bahasa selain bahasa aslimu. Kita bisa :)

P.S. Cek lamannya di www.duolingo.com atau download langsung di PlayStore Android lu. Es ist gut!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley