Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley

Sebagai mahasiswa semester tua, sebut saja semester 8, keseharian gue tidak lepas dari kegiatan yang menjadi salah satu "kebahagiaan mahasiswa": skripsi. Terdiri dari banyak bab, skripsi sering kali menjadi kegalauan maksimal bagi para mahasiswa yang menjalaninya. Memilih judulnya saja sudah bingung, apalagi isinya, baik di bagian pendahuluan yang mencakup latar belakang, tujuan, dan batasan masalah, bagian isi yang mencakup tinjauan pustaka, data pengamatan, dan analisis, serta bagian penutup yang mencakup kesimpulan, saran, daftar pustaka, dan lampiran. Bagian-bagian tersebut belum menyinggung bagian "pra"-pendahuluan, ya, yang termasuk di dalamnya daftar isi, daftar gambar, ucapan terima kasih, abstrak, dan berbagai komponen lainnya yang menunjukkan betapa skripsi sangatlah menyenangkan *uhuk*.


Terkadang, hal-hal detail dapat menjadi sesuatu yang menghambat pekerjaan, seperti misalnya penulisan daftar isi yang halamannya dapat berubah-ubah dan menjadi tidak sesuai dengan daftar isi yang telah dituliskan sebelumnya secara manual, nomor halaman yang tidak dapat diubah jika penulisan dilakukan secara manual dan kemudian mahasiswa ingin menyisipkan sebuah halaman di antara kedua halaman, dan juga format daftar pustaka yang agak rumit dengan penulisan yang relatif panjang untuk sumber.

Seiring dengan perkembangan teknologi, otomatisasi menjadi salah satu elemen penting untuk meringankan pekerjaan manusia. Salah satu otomatisasi yang dapat meringankan para pejuang skripsi adalah aplikasi Mendeley. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengelola dokumen-dokumen yang dijadikan referensi bagi penulis skripsi, tesis, disertasi, atau pun paper. Setelah input beberapa data, kita dapat dengan mudah membuat kutipan yang menunjukkan bahwa teori tersebut berasal dari sumber yang ditunjuk. Kemudian hanya dengan 1 klik, kita dapat langsung membuat daftar isi dari seluruh kutipan yang telah kita rujuk di atas secara lengkap sesuai dengan format penulisan daftar pustaka yang kita inginkan. Tentu ini akan menghindarkan kita dari waktu yang terbuang akibat penulisan daftar pustaka sehingga kita bisa memiliki lebih banyak alokasi waktu untuk mengerjakan isi dari skripsi itu sendiri.

Menarik. Bagaimana caranya?

1. Download Mendeley for Desktop
Tampilan tautan Download Mendeley Desktop for Windows
Untuk mengunduh Mendeley Desktop, kita dapat mencari di bagian bawah halaman utama mendeley.com, dan memilih Download Mendeley Free, atau dapat dengan mudah meng-klik tautan https://www.mendeley.com/download-mendeley-desktop/. Install file yang baru diunduh tadi hingga Mendeley Desktop terpasang dengan baik.

2. Daftar atau Masuk dengan akun yang sudah ada
Sebelum dapat menggunakan Mendeley, kita perlu untuk mendaftar terlebih dahulu (atau masuk jika akun sudah dibuat).
Tampilan awal ketika Mendeley Desktop baru diinstal, yaitu meminta masuk/daftar
Setelah masuk, maka kita akan masuk ke tampilan utama dari Mendeley Desktop.
Tampilan utama Mendeley Desktop setelah melakukan login
3. Membuat list referensi
Cara 1, menyimpan daftar dari file PDF yang sudah dimiliki sebelumnya
Jika kita sudah memiliki daftar dari PDF untuk dijadikan referensi, maka kita dapat melakukan impor ke Mendeley Desktop dengan cara melakukan drag kepada file-file yang dipilih sehingga sekarang kita akan memiliki database untuk dijadikan referensi bagi file Word yang akan dibuat.
Memilih beberapa file PDF yang telah kita miliki untuk di-drag ke Mendeley Desktop
Tampilan utama setelah melakukan impor file
Cara 2, menyimpan daftar langsung dari web
Pembuatan database juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan web importer yang disediakan oleh Mendeley. Untuk dapat menggunakan web importer, terlebih dahulu masuk ke laman https://www.mendeley.com/import, dan men-drag tombol save to mendeley yang terdapat pada laman tersebut ke kolom bookmark.
Melakukan drag tombol ke kolom bookmark
Kita ambil contoh dengan mengunduh file paper yang terdapat pada laman scholar.google.com, dan memilih sebuah tautan. Setelah laman tersebut terbuka, klik tombol Save to Mendeley sehingga muncul web importer di bagian kanan. Klik save, kemudian kita akan menemukannya di Mendeley Desktop (klik refresh pada Mendeley Desktop jika belum muncul).
Mengunduh paper di scholar.google.com
Tampilan ketika tombol Save to Mendeley ditekan
Paper tersebut muncul di tampilan utama
5. Membuka dan melakukan modifikasi pada file PDF
File yang telah diimpor/diunduh dari internet dapat kita buka pada Mendeley Desktop jika terdapat soft copy untuk dibuka. Hal tersebut ditandai dengan terdapatnya logo berbentuk PDF di sebelah nama pengarang pada Mendeley Desktop. Ketika kita klik dua kali, kita dapat membuka file referensi tersebut selayaknya membuka dengan menggunakan aplikasi pembaca PDF. Kita juga dapat melakukan highlights, dan memberi catatan pada highlights tersebut sehingga akan memudahkan kita untuk mengingat detail-detail ataupun intisari dari sumber yang kita baca.
Memilih salah satu file dokumen
Membaca, membuat highlights, dan menuliskan catatan pada highlghts
Mendeley juga menyediakan fitur 'berbagi' untuk membagikan referensi yang kita punya ke orang lain melalui email. Sebagai contoh, dosen pembimbing kita ingin menggunakan fitur ini untuk berbagi info mengenai artikel yang ia baca untuk dibaca juga oleh kita sebagai tambahan belajar. Tentu dokumen yang dikirimkan tersebut akan terkelola dengan baik di dalam Mendeley Desktop.
Membagi file dokumen ke pengguna Mendeley yang lain melewati e-mail

5. Integrasi dengan Microsoft Word
Setelah kita menyiapkan database, kita perlu mengintegrasikan Mendeley agar dapat disisipkan pada MS Word, yaitu dengan cara meng-klik menu Tools -> Install MS Word Plugin. Tunggu sejenak, kemudian MS Word Plugin akan terinstal. Hal tersebut dapat dipastikan dengan keberadaan Mendeley Cite-O-Matic pada bagian References di MS Word.

Menginstal MS Word Plugin
Memasukan kutipan
Klik tombol Insert Citation, kemudian ketik penulis, judul, atau tahun dari sumber yang ingin dikutip. Kita dapat menambahkan lebih dari 1 sumber untuk kemudian dituliskan secara otomatis oleh Mendeley. Selain dengan mengetik secara manual, kita juga dapat meng-klik tombol Go to Mendeley dimana kita akan dibawa ke tampilan utama Mendeley, kemudian kita memilih satu atau beberapa sumber (dengan menahan tombol Ctrl) yang diinginkan untuk dikutip, dan diakhiri dengan menekan tombol Cite.

Mencari pengarang, judul, atau tahun dari referensi 
Beberapa pilihan yang muncul untuk dipilih
Pemilihan dua pengarang dari sumber yang telah dipilih
Tampilan setelah memasukkan dua sumber referensi
Mengutip dengan tombol Go to Mendeley
Memilih beberapa sumber, kemudian menekan cite

Terdapat beberapa Style dari penulisan daftar pustaka yang tersedia pada Mendeley, seperti APA, MLA, IEEE, dan masih banyak format lainnya, bahkan tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk membuat format sendiri sesuai dengan kemauan.
Memilih style untuk daftar pustaka
Setelah pengutipan selesai, biasanya kita disibukkan dengan perasaan pusing untuk menuliskan daftar pustaka dengan format yang baik dan benar. Jangan khawatir, Mendeley hanya membutuhkan 1 klik saja untuk membuat daftar pustaka dari kutipan-kutipan yang kita sertakan, yaitu dengan menggunakan tombol Insert Bibliography.
Tampilan setelah meng-klik insert bibliography
Sangat mudah bukan? Tentu saja kita tidak lagi harus bersusah payah untuk menuliskan daftar pustaka yang panjang dan mengatur formatnya agar sesuai dengan format yang diinginkan. Teknologi yang semakin maju hendaknya kita manfaatkan untuk memudahkan pekerjaan kita. Gue doakan semoga kalian yang sedang menjadi pejuang skripsi akan diberi kelancaran dalam pengerjaan skripsi kalian, dan juga kepada kalian yang sedang mencari sumber untuk menulis laporan praktikum, laporan kerja praktek, ataupun laporan karya ilmiah. Semoga berhasil! Semangat belajar!

P.S. Terdapat masih banyak lagi otomatisasi yang tersedia di MS Word untuk memudahkan pengerjaan skripsi/laporan/karya tulis kita, seperti membuat daftar isi otomatis, membuat daftar gambar otomatis, penomoran pada caption gambar secara otomatis, dan juga yang lainnya. Cobalah untuk menjelajah lebih lanjut mengenai penggunaannya. Jika memungkinkan, gue akan mencoba untuk berbagi di sini, namun gue tidak tahu apakah gue dapat menuliskannya sebelum tugas kalian mendekati deadline ;)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident