Jalan-jalan ka Bandung

Bandung merupakan salah satu tempat menarik untuk dikunjungi di Indonesia. Selain karena tempatnya yang tergolong sejuk jika dibandingkan dengan ibukota Indonesia, Bandung juga menyediakan beragam tempat wisata untuk dinikmati seorang diri, bersama pasangan, keluarga, ataupun teman-teman. Tak hanya itu, kota yang merupakan ibukota dari Jawa Barat ini juga menyediakan ragam kuliner yang tentu saja dapat memuaskan kebutuhan makan para pengunjungnya. Gue merupakan salah satu orang yang beruntung karena dapat menikmati suasana indah Kota Bandung.

Waktu itu Februari 2016. Gue sedang melakukan kerja praktek bersama teman-teman dari PENS Surabaya. Hidup tidak hanya dihabiskan untuk bekerja saja, sehingga harus juga diseimbangkan dengan rekreasi. Akhir pekan tiba, kami berencana untuk keliling Bandung untuk sekedar mencari hiburan. Kami berangkat ke tempat-tempat di bawah ini:

1. Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih terletak di Bandung Selatan. Terlihat seperti danau, namun danau tersebut memiliki kadar sulfur yang tinggi. Ada anjuran untuk menggunakan masker di wilayah tersebut, namun kalau gue pribadi lebih memilih untuk tidak menggunakannya semata-mata untuk menikmati bau sulfur yang menyengat, biar greget. Terdapat pula anjuran agar tidak berlama-lama di tempat ini karena dapat menyebabkan pusing dan mual. Pemandangan Kawah Putih yang indah membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan.
Pemandangan di perjalanan menuju Kawah Putih. Foto: Dok. Pribadi
Ini bukan Wisata Kawah Putih, tapi di perjalanan gue melewati tugu ini. Foto: Dok. Pribadi
Suasana wisata Kawah Putih. Foto: Dok. Pribadi
2. Penangkaran Rusa di Ranca Upas
Tidak jauh dari tempat wisata Kawah Putih, terdapat wisata lain yang dapat dikunjungi, yaitu penangkaran rusa. Tentu saja terdapat banyak rusa di sini, sesuai dengan nama tempatnya. Selain dapat menikmati sejumlah rusa yang bermain, melompat di udara, berkumpul menikmati hidup, kita juga dapat berfoto dengan rusa tersebut dengan modal "wortel".
Rusa-rusa di penangkaran Ranca Upas. Ada yang sadar kamera. Foto: Dok. Pribadi

Gue bersama rusa. Foto: Dok. Pribadi, minta difotoin
3. Kebun Teh
Di perjalanan menuju Bandung kota, gue melihat ada kebun teh di bagian kiri dan kanan mobil. Boleh lah sekedar mampir untuk mengabadikan momen.
Kebun teh. Foto: Dok. Pribadi
Berfoto di kebun teh. Foto: Dok. Pribadi, minta difotoin.
4. Mesjid Raya Bandung dan Alun-alun
Tak banyak yang bisa gue katakan. Mesjid ini agung, memberi kenyamanan bagi pengunjung yang ingin beribadah. Tepat di sebelah mesjid ini, terdapat Alun-alun, tempat pengunjung bisa bermain, melompat di udara, berekreasi dengan keluarga, karena alun-alun ini merupakan sebuah lapangan yang sangat luas. Terdapat pula tanaman bunga, taman bermain, dan poster-poster hasil karya mahasiswa (kalau gue tidak salah). Sangat menarik!
Mesjid Raya Bandung. Foto: Dok. Pribadi
Bersama salah satu poster di Alun-alun. Foto: Dok. Pribadi, minta difotoin.
5. Caringin Tilu Bukit Moko
Boleh dibilang ini seperti daerah Puncak yang terdapat di Bogor. Hawa dingin tidak menjadi masalah dikarenakan pemandangan hangat dari cahaya lampu kota Bandung, ditambah dengan semangkuk Indomie rebus dan segelas bandrek. Perasaan yang luar biasa!
Suasana malam di Caringin Tilu. Foto: Dok. Pribadi, minta difotoin


Ini hanya beberapa dari sekian banyak tempat wisata yang terdapat di Bandung. Terlepas dari semua itu, "beberapa" saja sudah membuat gue ingin kembali lagi ke Bandung untuk menjelajah lebih jauh. Segera. Ciao!


Komentar

  1. Jangan lupa main poker mas... :v

    BalasHapus
  2. trendsetter ya, sampe2 raisa6690 ikut2an ke penangkaran rusa itu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley