Fakta Menarik Juara Australian Open 2017

Australian Open 2017!
Sumber: ausopen.com
Kejuaraan tenis Australian Open 2017 telah usai! Turnamen tahunan yang digelar di Australia pada setiap bulan Januari ini telah berakhir pada tanggal 29 Januari 2017 lalu. Setelah melewati pertandingan sengit di partai final, pemenang dari turnamen ini adalah Roger Federer. Walaupun umurnya sudah tidak lagi muda, dia tetap dapat memenangi kejuaraan ini dan melengkapi koleksi gelar-gelar yang telah ia miliki. Apa saja sih fakta menarik tentang petenis asal Swiss ini pada gelaran AO 2017, yang merupakan Grand Slam pertama di setiap tahunnya?

1. "Hanya" unggulan ke-17
Roger Federer in action
Sumber: ausopen.com
Dalam turnamen yang diikuti oleh 128 peserta ini, Federer hanya menempati urutan ke-17 dikarenakan performanya yang sempat menurun, ditambah dengan ia harus begulat dengan cedera lutut yang mengharuskannya beristirahat hingga 6 bulan. Tentu waktu tersebut tidak sebentar dan menyisakan peluang yang besar bagi para petenis lain untuk menyalip poin keseluruhan yang dimiliki oleh Federer. Pada perhelatan ini, peringkat Federer jauh di bawah Andy Murray (1), Novak Djokovic (2), Stan Wawrinka (4), ataupun Rafael Nadal (9). Peringkat unggulan yang rendah ini membuat Federer harus berhadapan lebih awal dengan mereka yang memiliki peringkat lebih tinggi, seperti Kei Nishikori (5), Stan Wawrinka (4) di semifinal, dan terakhir Rafael Nadal di final. Meskipun begitu, peringkat tidak selalu menentukan performa, dan juga pengalaman. Federer berhasil menjawab keraguan orang-orang mengenai peringkatnya sekarang dengan gelar juara. Luar biasa!

2. Harus melewati 5 set
Pertandingan yang melelahkan
Sumber: ausopen.com
Kalau dihitung, 1 set terdiri dari 6 game, 1 game terdiri dari 4 poin, ini pun dengan catatan bahwa lawan tidak membuat poin lain yang dapat membuat 1 game berjalan lebih lama. Bisa dibayangkan, kan, perjuangannya untuk melewati 5 set? Tidak mengherankan kalau pertandingan ini menghabiskan waktu hingga 3,5 jam. Pada umurnya yang sudah 35 tahun, staminanya harus mantap punya, nih.

3. Merupakan gelar Austalian Open ke-5 untuknya
Perjuangan panjang berbuah hasil yang manis
Sumber: ausopen.com
Sejak menjadi profesional pada tahun 1998, Federer berhasil memenangi partai final AO dalam 5 kesempatan, yaitu pada tahun 2004, 2006, 2007, 2010, dan yang terkini, 2017. Novak Djokovic, yang mendominasi gelar Austalian Open selama 5 tahun terakhir, tidak dapat melangkah jauh dalam turnamen ini sehingga memberikan peluang persaingan yang lebih banyak bagi petenis yang lain, salah satunya Roger Federer, untuk dapat memenangkan turnamen. Hal tersebut tidak disia-siakan oleh Federer untuk melengkapi koleksi gelarnya dengan piala Australian Open 2017. Salut!

Sumber: ausopen.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley