Posting in the School..

For my first time, I post a new post in the school. Usually, I just play in school. This time, I have a good article. The title is "Teknologi Maju Kembali ke Teknologi Purbakala." Here is it : Saya pernah melihat sebuah lelucon, ceritanya waktu itu adalah masa depan dengan semua teknologi yang serba modern. Seorang perempuan mengunjungi museum yang melihat perkembangan mode dari jaman ke jaman. Pertama kali dia melihat seorang manusia dengan jenis pakaian ala kadarnya dan hanya menutupi bagian tubuh yang penting dengan sangat minim, kemudian perkembangan selanjutnya pakaian mulai dikenal dengan pakaian lengkap, rok mini, dan seterusnya sampai mode terakhir adalah manusia dengan pakaian minim seperti dulu kala. Ini mungkin hanya lelucon atau sekedar sindiran bahwa kita tidak menyadari apa yang sebenarnya kita mau sampai kita kembali lagi ke asal.

Teknologi bisa juga terjadi seperti halnya mode pakaian berkembang dari jaman ke jaman toh akhirnya kembali lagi ke asal. Di era awal perkembangan komputer digunakan mini dan mainframe dimana semua pemrosesan adalah terpusat. Pada client hanyalah berupa monitor dan keyboard atau terminal yang tidak mempunyai alat pemrosesan apapun. Semua perintah dikirim dan di proses secara terpusat sehingga komputer pusat haruslah merupakan sebuah komputer yang cukup canggih dan cepat untuk melayani client yang terhubung.

Perkembangan selanjutnya, yang membuat perubahan yang sangat radikal adalah dikenalkannya personal komputer atau PC. Dengan munculnya PC dikenallah apa yang dinamakan sebagai smart client yaitu komputer yang mempunyai prosesor dan berbagai jenis aksesorisnya. Perkembangan PC inipun berkembang terus dan mendapatkan dukungan luas dari para pembuat PC dimana akhirnya kita mengenal konsep two tier, three tier dll dimana beban aplikasi dibagi ke dalam lapisan-lapisan sehingga tidak terbeban pada satu komputer.

Perkembangan PC akhirnya semakin berkembang demikian juga dengan software pendukungnya dimana semakin hari semakin banyak variasi yang ada. Akhirnya kesulitanpun mulai muncul, seiring dengan perkembangan PC yang sedemikian cepatnya sehingga tidaklah mengherankan jika dalam satu kantor terdapat 200 PC bertebaran dimana-mana. Angka 200 tidaklah besar dan menjadi ukuran yang lumrah di kantor-kantor.

Teknologi baru ternyata juga banyak menimbulkan masalah-masalah baru yang mulai tidak terpecahkan. Standarisasi software misalnya, dimana satu komputer menggunakan office 2000 sedangkan komputer yang lain menggunakan office xp sehingga menimbulkan masalah kompabilitas aplikasi. Demikian juga halnya ketika ingin melakukan standarisasi software atau melakukan update, upgrade dll ke dua ratus komputer bukanlah pekerjaan yang mudah. Belum lagi pengguna yang complain sehingga membutuhkan support dari bagian IT yang cukup tinggi. Selain itu, pekerjaan mengupgrade hardware PC, mengganti PC lama ke PC baru semakin banyak terjadi sehingga menimbulkan biaya tinggi.

Masalah-masalah seperti ini tidak pernah ditemukan ketika menggunakan mini dan mainframe yang terpusat. Akhirnya perkembangan selanjutnya pelan-pelan kembali lagi ke teknologi lama yang terpusat. Citrix yang mengenalkan software terpusat mendapatkan respon yang sangat baik ketika diperkenalkan dimana PC akan menjadi dump terminal yang akan mengambil tampilan, aplikasi dll pada komputer server. Tentu saja server yang digunakan haruslah mempunyai hardware yang cukup besar untuk melayani jumlah pengguna seperti halnya mini dan mainframe.
Selain Citrix, kita juga mengenal Terminal Services dengan prinsip kerja yang sama. Komputerisasi terpusat semacam ini sudah digabungkan ke dalam sistem operasi Windows Server seperti Windows Server 2000 dan Windows Server 2003 serta tentu saja Windows Server 2008. Jadi apakah ini termasuk teknologi baru ataukah teknologi lama dengan gaya baru ?

Ada beberapa komentar tentang artikel ini, beberapa diantaranya adalah bisa jadi itu hanya teknologi lama dikemas lebih bagus, tapi bila terlalu ketat dan dari sisi client ngak bisa berbuat banyak rasanya ngak bakalan laku banyak, kecuali buat kantor yang memperketat masalah kegunaan komputer, mereka pasti butuh buat jaga dari pegawai yang nakal kayak saya hehehehehehehe

Lalu yang kedua, betul bung... kawan-kawan, sebetulnya apa yg diungkap oleh STO tanpa disadari adalah suatu analisa yg mendekati kenyataan..karena secara keseluruhan teknologi akan hancur dan kembali ketitik ZERO..kenapa? karena akan ada dua kemungkinan penyebabnya : Perang Dunia III dengn nuklirnya atau akan ada komet besar yg menabrak bumi disekitar tahun 2012 atau 2014.

Artikel ini mungkin bisa jadi referensi tentang teknologi di zaman sekarang. Semoga bermanfaat..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley