Ceramah dari Kakek

Sabar, jujur, taat, kasih sayang, mohon ampun. Itu merupakan sifat-sifat yang harus kita laksanakan selepas puasa ini. Apabila kita bisa, niscaya kita akan menjadi pribadi yang baik. Jangan sampai kita tergoda setan. Setan tuh sukanya ganggu aja. Contohnya ketika sedang salat. Baru saja takbir, tiba-tiba gatel. Diemin aja, nanti akan terbiasa.

Dulu, malaikat nanya kenapa manusia yang menjadi pemimpin di muka bumi. Katanya Allah lebih tahu. Lalu, ketika Adam diciptakan, semua diperintah Allah untuk sujud kepadanya. Seluruh makhluk sujud pada adam, kecuali iblis. Dia sombong. Dia merasa lebih mulia dari Adam (karena tercipta dari api). Allah murka, tapi setan minta ditangguhkan dan mau bikin manusia sesat. Allah terima, dan yakin bahwa manusia takkan tergoda. Maka hendaknya kita laksanakan apa yang telah Ia percayai.

Sombong, dengki, benci, mo pinter sendiri. Itu adalah penyakit hati. Sama juga dengan malas. Jangan dipiara, ntar keterusan. Jangan sombong. Nilai gede jangan pamer. Pas kecil aja diumpet. Punya sepatu baru aja pamer. Ga boleh sama sekali.

Sekarang, di bulan Ramadhan ini, merupakan puasa wajib. Nanti, ayo kita usahakan untuk melaksanakan puasa sunah seperti puasa daud, atau puasa syawal. Puasa syawal merupakan puasa enam hari pada bulan syawal. Sebaiknya beturut-turut, tapi tidak apa jika tidak. Puasa syawal boleh qodo sama bayar utang puasa, jadi lebih ringan. Jangan sampe ngga dua-duanya. Cepetan bayar, kalo ntar-ntar nanti lupa.

Tahukah, puasa Ramadhan + Syawal = puasa setahun penuh. Perhitungannya adalah tiap hari puasanya dikali 10. Tiga puluh hari ramadhan ditambah enam hari syawal dikali sepuluh sama dengan 360 hari. Hampir satu tahun! Wow! Namun bukan berarti ga puasa ntar tahun depan hehe.

Doalah pada Allah "Jauhkanlah aku dari sifat2 tak baik." Tambahkan dengan Quran dibaca tiap hari. Semoga Allah akan mengangkat kita ke tempat yang mulia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley