Warisan

Bagi warisan. Ilmu yang sulit, cuman sedikit yang bisa, padahal dari tiap jaman, tiap suku, udah ada. Cuman, apakah caranya sudah benar? Kalo ngga sesuai ya salah.

Tujuan, agar ga ada perpecahan. Cara bagi? Waktu jahiliyah, hanya yang terkuat dapet. Wanita, anak, kakek nenek ga dapet. Persis hukum rimba. Tapi setelah islam datang, semua dihapuskan, bahkan masih di perut ibunya aja udah punya hak. Laki dapet 2x bagian perempuan. Kenapa! Sudah disampaikan bahwa laki nanti jadi kepala keluarga, sediakan segala kebutuhan.

Sebab?
1. Pertalian darah. Anak pungut ga dapet warisan.
2. Hubungan nikah. Kalo suami meninggal, istri dapet, dan sebaliknya.
3. Hubungan agama. Kalo orangtua non-muslim, kita ga berhak dapet sepeserpun. Membebaskan budak. Ketika tuannya meninggal, budak hak dapet warisan, dan sebaliknya.

Sebab ga dapet?
1. Budak. Kalo budak belum dibebaskan majikan, budak ga berhak dapet, dan sebaliknya. 2. Membunuh. Misal pengen kaya, terus bunuh bapaknya. Haram hukumnya. Murtad.

Wasiat? Surat kuasa dari orang meninggal yang dibuat sebelum meninggal pada orang yang bukan ahli waris (pembantu, supir), dan tidak boleh ngelebihin 10%. Warisan bisa berupa aset, surat berharga, bukan hanya uang.

Contoh kasus. Dia ga punya anak, terus angkat anak. Tetep ga dapet warisan, kecuali wasiat. Sisanya ke baitul mal.

Warisan
-> dzail furut. Setengah, sepertiga, dua pertiga, reperenam, seperdelapan, seperempat. Tak bisa diubah. Sudah ada ketentuan siapa dapet berapa.
-> ashobah. Sisa. Biasanya sisa tuh jelek. Di sini, paling banyak. Untuk anak laki, anak perempuan.

Ketika mayat meninggal, ga langsung dibagi. untuk zakat 2.5%, urus jenazah 5-20%, hutang, wasiat, baru warisan.

Coso: warisan 100jt, urus jenazah 300rb, hutang 200rb, wasiat 1jt, belum zakat 25%. Ahli waris: istri, ibu, 2 anak pr, 1 anak lk, nenek, sdr perempuan sekandung, paman.
Mulai dari 100jt x 2,5% = 2.5jt. Tambah bla bla cuy cuy 1.5jt = 4jt. 100-4 = 96jt. Hijab, penghalang. Apa tuh? Ex: anak punya ibu, punya nenek. Anaknya meninggal. Nenek punya hak, tapi ada penghalangnya, ibu. Jadi ke yang lebih dekat dulu, kecuali ibunya udah meninggal. Liat ke atas lagi, nenek berarti ga dapet jatah. Juga untuk ke sdr pr sekandung, sama paman. Mereka punya hak, tapi ada hijab jadi ga dapet. Tinggal istri, ibu, 2 anak pr, 1 anak lk. Istri 1/8 (kl punya anak) atau 1/6 (kl ga punya anak). Ibu 1/6 karena punya anak. Anak lk dan pr dapet sisa. Itung, 1/8 x 96 = 12jt. 1/6 x 96 = 16jt. 96 - 28 = 68jt -> buat anak lk sama pr. Sekarang, jatah cewek 2, msg2 satu, cowoknya 2, 2x lipat cewek. 2+2=4. Cowok dapet 2/4 x 68 = 34jt, cewek 1/4 x 68 = 17jt.

Contoh kasus lain: Kalo nanti nenek nuntut, beri pengertian kalo ini harus dibagi dulu versi islam, karena allah memberi keberkahan. Baru ntar tergantung kalo kita kesian boleh dikasih. Juga kalo kita merasa kecukupan, dan pengen ngasih ke sanak famili lain, tetep harus nyampe dulu ke tangan yang berhak.

Komentar

  1. ada jg pendapat laki dpt 2x krn selain menjadi kepala kelaurga jg dia akan menjaga-merawat salah satu ortu yg msh hidup

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley