Biarpun Tak Paham, Bacalah Quran

Dapat artikel bagus nih.
Seorang Kakek tua tinggal bersama cucu lelakinya dipedalaman. Tiap pagi si Kakek selalu membaca Al-Qur'an. Cucunyapun ingin menjd spt Kakeknya & meniru sebisanya membaca Al-Qur'an yg dibaca Kakeknya.  Pd suatu hr cucunya bertanya, "Kek saya coba membaca Al-Qur'an seperti Kakek, tapi saya tidak paham apapun dgn apa2 yang saya baca... Apa bagusnya sih bila kita membaca Al-Qur'an ?"
Sang Kakek sedang meletakan arang batu ke bawah tungku, dengan perlahan dia menoleh kepada cucunya sambil berkata, "Bawa karung goni arang ini ke sungai & bawakan Kakek sekarung goni air.."  Cucu lelakinya itu melakukan apa yg disuruh oleh Kakeknya. Tapi semua air itu bocor keluar, sebelum ia sampai ke rumah. Kakek itu tertawa & berkata, "Kamu hendaknya berjalan lebih cepat untuk yg selanjutnya.."  Dan meminta cucunya ke sungai lagi.
Kali ini cucunya berjalan lbh cepat, & sekali lagi karung goni itu tetap kosong sebelum dia tiba di rumah.  Dia terus mencobanya, karena letih, dia memberitahu Kakeknya, bahwa tidak mungkin untuk membawa air di dalam karung goni, dan dia pergi mengambil ember. Kakek itu berkata, "Saya tidak mau seember air, saya maunya sekarung goni air... Kamu tidak sungguh2 mencobanya..."  Cucunya sudah tahu bahwa tidak mungkin dapat membawa air di dalam karung goni, tapi untuk menunjukkan rasa berbaktinya pada Kakeknya, dia berlari secepat yang dia bisa dengan semua air yg dibawanya, msh saja tetap bocor, sebelum dia sampai ke rmh. "Lihatlah Kek, ini semua tak berguna kan ?" Tanya cucunya. "Jadi kamu pikir itu tak berguna ? Kakek itu berkata, "Tengok karung goni itu.." Cucunya melihat karung goni tersebut & buat pertama kalinya dia sadar, bahwa karung goni tersebut sudah berubah. Ia berubah dari karung goni lama yang kotor bekas arang menjadi begitu bersih dlm & luar.
"CUCUKU, ITULAH YANG AKAN BERLAKU JIKA KAMU MEMBACA AL-QUR'AN. ENGKAU MUNGKIN TIDAK PAHAM ATAU INGAT SEMUANYA, TAPI JIKA ENGKAU MEMBACANYA TERUS, MAKA ENGKAU AKAN BERUBAH DGN SENDIRINYA, DLM DAN LUAR. ITULAH KARUNIA & RAHMAT ALLAH SWT DLM KEHIDUPAN KITA."(QS.7:204)
Sumber: grup whatsapp
--SalamSukses

Komentar

  1. setuju rick.. kakek musti dikasih link posting ini buat memotivasi cucu2 lainnya untuk lebih giat belajar qlquran

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley