Teknologi Sebagai Bagian dari Hidup

Era modern seperti sekarang ini, teknologi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Bersama dengan ilmu pengetahuan, teknologi terus berkembang dan dapat dimanfaatkan agar kerja manusia dapat menjadi lebih efisien. bisa kita lihat sendiri, betapa hidup kta menjadi sulit ketika tidak ada handphone sebagai alat komunikasi,, laptop sebagai alat bantu kerja, maupun AC sebagai pendingin ruangan kala udara panas. Semua berita dan informasi menjadi sulit didapat. Kamunikasi menjadi terhambat. Pekerjaan yang dilakukan secara konvensional sudah tidak lagi dianggap efektif untuk mayoritas pekerjaan. Ruang dan waktu tak lagi membatasi manusia untuk berkomunikasi, seperti misalnya sekarang kita dapat dengan mudahnya berkomunikasi tatap muka dengan teman atau saudara kita di belahan dunia sana dengan bantuan teknologi berupa internet.

Di sisi lain, teknologi membuat manusia menjadi malas. Manusia terlena dengan kemudahan yang ditawarkan dan disuguhkan teknologi.
Walau mendekatkan yang jauh, ada kalanya teknologi menjauhkan yang dekat seperti misalnya ketika dalam suasana makan malam keluarga sibuk dengan masing-masing diri bermain handphone. Ironi.

Mengesampingkan dampak negatif, penyebaran teknologi di daerah maju sudah berjalan dengan cukup baik karena mayoritas anak-anak di Indonesia sudah mengerti cara pengoperasian komputer secara sederhana dan mahir dalam melakukannya. Walaupun teknologi tidak hanya komputer, sedikit disayangkan karena kemajuan teknologi ini tidak terlalu menyentuh kalangan orang yang sudah cukup berumur, dan juga orang-orang yang tinggal sedikit jauh dari daerah perkotaan. Saya beruntung cukup banyak mengerti tentang komputer, seperti salah satunya mengusir virus yang menyembunyikan folder dengan antivirus Smadav, ataupun hanya sekedar mengetik dan menggunakan aplikasi power point untuk menyampaikan presentasi.

Tidak ada ruginya sama sekali untuk menjadi ahli dalam bidang teknologi, atau minimal sekedar bisa karena semua itu akan memberi manfaat yang amat banyak bagi kehidupan kita.
--SalamSukses

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley