Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Internet

Mengapa Bahasa Indonesia begitu penting sampai harus juga ada dalam media internet? Kedengarannya memang tidak begitu penting. Tetapi, jika dilihat sekarang-sekarang ini, situs-situs yang marak digunakan baik untuk e-mail, komunitas teman, mesin pencari, dsb. rata-rata memiliki standar bahasa Inggris. Walaupun demikian, situs-situs tersebut juga telah menyediakan halaman dengan bahasa Indonesia. Mengapa harus ada bahasa Indonesia? Bukankah bahasa Inggris sudah menjadi bahasa universal yang tentu saja lebih populer dan membuat target penulisan di internet menjadi jauh lebih luas? Pemikiran  tentang bahasa Inggris merupakan bahasa yang keren sehingga kita tidak mau menulis dengan bahasa Indoneisa  adalah sebuah kesalahan besar.

Tidak ada salahnya kita belajar bahasa Inggris, bahkan bagi saya itu menjadi sebuah keharusan di tengah era globalisasi yang memberi informasi yang amat cepat dan banyak sehingga menuntut kita untuk terus mengetahui informasi terbaru. Kemampuan kita berbahasa Inggris akan membuat kita cepat beradaptasi sehingga wawasan yang kita dapat menjadi lebih luas dan kaya pengetahuan.

Akan tetapi, sebagai orang Indonesia yang baik, kita tidak boleh melupakan bahasa ibu kita, bahasa tanah air, bahasa Indonesia. Kita seharusnya berbangga bisa berbahasa Indonesia bukan saja hanya sebagai bentuk kecintaan kita pada tanah air, melainkan juga sebagai simbol yang menunjukan jati diri kita sebagai "orang Indonesia". Begitupun penerapannya di media internet, sehingga ketika pengunjung melihat tulisan tersebut, mereka langsung mengetahui bahasa tersebut merupakan bahasa Indonesia.

Penggunaan bahasa Inggris dalam tulisan di media internet bukanlah suatu hal yang salah untuk mengembangkan diri, namun penggunaan bahasa Indonesia di media internet menjadikan kita sebagai warga negara yang bangga akan kebudayaan yang dimiliki Indonesia, dan menjadi sebuah langkah kecil dalam partisipasi kita membangun Indonesia yang lebih baik.
--SalamSukses


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley