Filosofi Sepakbola (Part 7): Peluang

Poin terakhir dalam sepak bola yang gue coba angkat: memanfaatkan peluang. Ketika ada peluang mencetak gol, seorang pemain bola harus dapat mengoversinya menjadi gol karena peluang tersebut belum tentu datang dua kali. Dalam kasus ini, memanfaatkan peluang juga berkaitan dengan pengambilan keputusan: apakah lebih baik dioper kepada teman yang memiliki ruang tembak lebih baik, ataukah ditendang langsung ke arah gawang? Cek video yang satu ini:


Courtesy of YouTube (http://bit.ly/1wYsqO5)

Kalau lu bertahan untuk menonton video ini sampai habis, lu akan melihat bagaimana begitu banyak peluang yang ia ubah menjadi sebuah gol. Ada yang ditendang dari luar kotak penalti, ada yang menggocek pemain lawan terlebih dahulu baru ditendang, ada yang ditendang pada sentuhan pertama, bahkan ada yang ditendang tanpa melihat. Semua merupakan bagian dari bagaimana ia memanfaatkan peluang yang datang. Mungkin peluang tersebut tidak lama, dan akan hilang dalam hitungan detik karena bisa saja bek lawan sudah terlebih dulu menghadang atau bahkan merebut bola darinya. Hampir tidak mungkin juga peluang-peluang tersebut datang dua kali. Namun, perlu kita ketahui juga bahwa peluang datang karena dibuat, bukan ditunggu. Kita dapat melihat pada salah satu gol dimana ia membawa bolanya sendiri ke depan, menunggu celah yang terbentuk akibat kesalahan posisi bek lawan, lalu menusuk dan membongkar pertahanan tersebut untuk kemudian memanfaatkan peluang yang ia miliki menjadi gol.

Dalam kehidupan, peluang tersebut dapat berupa apapun. Mungkin peluang untuk mendapatkan posisi kerja yang lebih baik, peluang untuk menembak cewek yang kita sukai *eh*, peluang untuk menemukan inovasi baru, peluang untuk keliling Eropa, atau bahkan peluang untuk mengubah dunia menjadi lebih baik. Jika dianalogikan dengan permainan sepakbola, gue rasa kita harus "menggiring bola" terlebih dahulu dengan memperkaya ilmu dan kemampuan hingga kita sampai pada tahap menemukan peluang yang dapat kita manfaatkan. Jangan lupa, mungkin peluang tidak datang dua kali. Jadi, manfaatkan dengan setiap peluang yang kita dapatkan.

Gue rasa cukup 7 saja filosofi sepakbola yang dapat diterapkan dalam kehidupan. Mungkin tulisan gue tidak semuanya tepat, mungkin ada yang menolak, mungkin ada yang senang, dan gue tidak tahu kemungkinan-kemungkinan lain yang mungkin terjadi. Gue hanya berharap tulisan gue dapat sedikit membuka wawasan bahwa ternyata ada manfaat yang dapat kita ambil dalam hal sederhana seperti permainan sepak bola. Strategi, kerjasama, latihan, kegigihan, menjalankan fungsi, dukungan, dan memanfaatkan peluang. Semangat sepak bola!

Baca juga: Part 1part 2part 3part 4part 5part 6

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley