Persiapan Matang

Bagi gue, persiapan yang matang merupakan kunci kesuksesan. Contoh sederhana saja, gue mencoba untuk mempersiapkan segala keperluan kuliah di malam hari, tidak mepet di pagi hari sehingga jika ternyata masih ada barang yang tertinggal, bisa gue tambahkan di pagi hari. Persiapan hanya di pagi hari menurut gue terlalu terburu-buru dan memungkinkan untuk terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti barang yang tertinggal. Jika dibawa ke tingkat yang lebih tinggi, sebuah kegiatan organisasi misalnya, maka persiapan satu bulan semestinya lebih baik dibandingkan dengan hanya dua minggu ataupun satu minggu. Persiapan yang matang akan menghasilkan kegiatan yang matang pula.
Hanya saja kita tidak selalu mendapati kondisi yang ideal. Ada kalanya banyak halangan yang menyebabkan kita tidak dapat melakukan persiapan yang cukup. Walaupun kita tidak mengharapkan hal tersebut untuk terjadi, ada kalanya kita tidak dapat menolak sebuah permintaan. Tentu saja rencana persiapan kita yang sudah matang akan menjadi berantakan bukan? Perlu suatu siasat untuk menjaga persiapan kita agar tetap matang.
Jika memang pada akhirnya kondisi tidak memungkinkan kita untuk dapat melakuan persiapan dari jauh-jauh hari, maka kita dapat melakukan persiapan yang efektif. Misalnya kembali mengambil contoh persiapan sebelum kuliah, pada hari sebelumnya gue baru melaksanakan kegiatan kampus yang membuat gue pulang larut dan tidur tanpa melakukan persiapan untuk esok hari. Jika itu yang terjadi, maka gue mencoba untuk melakukan filter dengan hanya mempersiapkan keperluan yang urgent untuk dibawa, seperti hanya laptop, hape, dompet, dan pulpen. Kelengkapan itu sudah cukup untuk gue melakukan kegiatan perkuliahan. Persiapan yang efektif untuk melakukan sesuatu. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa detil-detil kecil menjadi terlewatkan, seperti meninggalkan jam tangan, jaket, atau bahkan kertas PR *hahaha pengalaman pribadi*. Boleh dibilang akhirnya persiapan yang efektif terkesan seperti persiapan yang "seadanya", yang penting terlaksana.
Bagaimanapun, persiapan yang matang menjadi suatu prioritas penting untuk menghasilkan sesuatu yang hebat. Biasanya memang membutuhkan waktu sesuai dengan besarnya sesuatu tadi. Jika memang tidak memungkinkan untuk menyiapkan dalam waktu yang cukup, persiapan yang efektif dapat menjadi sebuah alternatif walaupun hasilnya bisa jadinya tidak semaksimal persiapan yang matang.
P.S. Besiaplah untuk menghadapi lika-liku kehebatan dunia :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley