Practice Makes Perfect

Jaman gue dulu SD, gue sering melihat beberapa kalimat motivasi di bawah buku tulis yang gue punya *mungkin sekarang juga masih ada*. Salah satu dari kalimat tersebut adalah practice makes perfect (latihan membuat sempurna). Kalimat ini bagi gue sungguh menarik karena setelah melewati hampir 15 tahun (dengan asumsi gue SD kelas 1 pada umur 5 tahun*, gue benar-benar menyadari betapa berlatih dapat membuat kita "sempurna".Walaupun tidak ada yang sempurna, ada tingkatan tersendiri dimana gue merasa batas tersebut luar biasa, mendekati sempurna. Percaya atau tidak, berlatih memang membuat kita menjadi lebih baik.

Sederhananya dapat gue contohkan dengan hitung-hitungan matematika. Tentu banyak orang yang bilang kalau matematika itu sulit *gue juga, kok*, apalagi untuk anak SD. Tapi tentu saja pada waktu itu kita tidak berdiam diri, bukan? Karena jika kita tidak belajar, maka kita tidak akan lulus ujian, dan tidak akan naik kelas *huhu*. Mau tidak mau dulu Ricky kecil *cuih* berlatih untuk menguasai matematika. Memang sampai sekarang gue mengaku tidak terlalu handal dalam perhitungan matematika kompleks yang menggunakan integral, turunan, ataupun trigonemetri, namun untuk matematika sederhana, gue rasa gue cukup bisa menyelesaikan masalah tersebut *kayaknya sih, haha*. Semua berkat latihan.

Dulu juga waktu SD gue pernah latihan karate *makanya sampai tertanam sumpah karate dalam diri gue*. Beberapa kompetisi gue coba ikuti, dan tidak mungkin gue dapat mencapai hasil yang mengilap tanpa latihan yang keras, bertahap, dan berlanjut. Begitupun dengan berlatih permainan gitar, renang, bahasa Inggris, atau bahkan berlatih untuk memasak, mencuci, menyapu, atau bahkan lebih sederhana lagi seperti berlatih menggunakan sumpit, mandi, serta menulis. Hal sederhana pun perlu latihan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Pada akhirnya pengalaman yang akan membedakan kualitas manusia. Pengalaman ini didapat dari seberapa banyak kita sudah berlatih. Belajarlah dengan usaha terbaik, dari yang terbaik, untuk hasil yang terbaik. Berlatih membuat sempurna :)

P.S. No pain, no gain, yo! 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley