Update Info Penelitian Kamu dengan Google Scholar

Google Scholar, teman setiamu mencari paper
Hai, para pejuang skripsi! Hai, para peneliti! Hai, para mahasiswa! Hai, kalian-kalian yang pengen tahu dengan perkembangan penelitian terkini! Tentu kalian sebagai orang dengan latar belakang keilmiahan sudah akrab dengan istilah paper penelitian. Sebagian dari paper tersebut ada yang berbayar (seperti misalnya IEEE, ScienceDirect, etc.), namun ada juga yang membagikannya secara gratis. Salah satu penyedia tautan untuk mengunduh paper gratis (walaupun tidak semua) adalah Google Scholar. Namun, tahukah kamu kalau kalian dapat meminta Google Scholar untuk memberi kamu kabar terbaru tentang penelitian dalam suatu topik tertentu ke email kamu? Buat yang belum tahu, boleh disimak nih langkah-langkah untuk membuat notifikasi ke email mengenai paper penelitian pada topik yang kamu pilih.

1. Masuk ke scholar.google.com
Ketikan saja di bar pencarian
(Atau bisa dengan melakukan pencarian di Google dengan kata kunci "Google Scholar". Atau bisa masuk ke blog saya dan menekan tautan pada nomor 1 ini. Atau cara lainnya yang kamu kehendaki selama cara tersebut mengarahkan kamu ke alamat Google Scholar.) Maka akan muncul tampilan muka Google Scholar.
Halaman muka Google Scholar

2. Ketikkan topik yang menarik untuk kamu

Ketikkan topik apa saja, benar-benar apa saja

Topik tersebut bisa tentang apa saja, dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Namun untuk variasi yang lebih banyak, gunakan saja bahasa Inggris.
Hasil pencarian
Paper yang dapat diunduh hanyalah judul yang memiliki tulisan "[PDF]" di kolom sebelah kanannya. Yang tabah saja ya kalau tidak ada tulisan PDF-nya.

3. Atur rentang waktu publikasi
Kalau kalian perhatikan, pada kolom di sebelah kanan, terdapat pilihan waktu. Silakan kalian tentukan misalkan dalam rentang 5 tahun terakhir, atau penelitian terbaru sejak 2017.
Bisa pilih waktu kapanpun, sejak tahun tertentu, atau rentang sesuai keinginan

Pilihan waktu publikasi penelitian yang dikehendaki


Topik yang muncul setelah di-filter
Jika menghendaki, tanda centang pada kotak include patents dan include citations dapat dihilangkan sehingga topik-topik yang muncul tidak menyertakan dokumen paten, dan dokumen sitasi.

4. Menekan tombol Create Alert
Kalau kalian perhatikan lagi, di bagian kiri bawah terdapat tulisan Create Alert yang dapat kalian klik untuk melakukan pengaturan notifikasi ke email.
Tombol Create Alert
Letak tombol Create Alert
Tampilan yang muncul setelah menekan tombol Create Alert
Kemudian tinggal dengan mudahnya menekan tombol Create Alert yang berwarna merah. Selamat! Kamu telah berhasil berlangganan ke email kamu mengenai topik yang kamu pilih tadi.

Tampilan yang muncul setelah menekan tombol Create Alert merah
5. Menambahkan lebih banyak lagi topik
Sampai tahap nomor 4, kamu telah berhasil berlangganan untuk sebuah topik saja. Jika kamu ingin lebih banyak topik lagi untuk diikuti perkembangannya, maka kamu dapat dengan mudahnya melakukan kembali langkah nomor 1 hingga 4 sebanyak apapun yang kamu mau. 

Tampilan setelah kamu menambahkan beberapa topik lainnya

Tampilan topik-topik yang masuk ke email
(disensor soalnya beda haha, memang yang sudah saya berlangganan sebelumnya)
Tampilan email yang masuk. Unduh yang ada tulisan "[PDF]".
Sekedar informasi, sama seperti info pada langkah nomor 2 mengenai tulisan [PDF], judul-judul yang masuk ke email kamu pun hanya dapat diunduh jika terdapat tulisan "[PDF]" pada sebelah kiri judulnya. Untuk kasus ini, ada lebih baik daripada tiada, bukan?

Selamat mencoba, jangan lupakan fakta terpenting bahwa sebanyak apapun kamu berlangganan topik-topik pada Google Scholar, semua tidak akan ada artinya jika kamu tidak membacanya. Yuk, unduh dan baca untuk menjadi pribadi yang lebih "melek" ilmiah!















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Isi Otomatis dari Microsoft Word

3rd Accident

Daftar Pustaka Mudah dengan Mendeley